Tips dan Trick dalam Memilih Earphone

Oke bagian sebagian besar orang mungkin mengalami banyak keluhan tentang earphone yang digunakannya. Terlebih beberapa produk baru smartphone sekarang jarang memberikan bonus berupa earphone sehingga mau tidak mau pengguna harus membelinya secara terpisah. Nah berikut beberapa tips dan trick dalam memilih earphone. Ditambah bonus bagaimana perawatan pasca pembelian earphone tersebut.


Jenis-jenis Earphone


sebelum kita memilih untuk membeli earphone alangkah lebih baiknya kita tahu jenis-jenis dari earphone. Apa saja jenisnya :


Berdasarkan bentuknya

  • Earbud : Merupakan jenis earphone yang biasa dijual atau diberikan dari produsen smartphone. Earbud tidak memiliki karet.
  • IEM (in ear monitor) : Merupakan jenis earphone yang memiliki karet, sehingga bisa meredam suara dari luar.

Berdasarkan jenis driver/speakernya

  • Dynamic driver : speaker yang digunakan kebanyakan oleh earphone yang beredar sekarang. Cara kerjanya sama persis seperti speaker rumah. Umumnya jenis ini memiliki bass yang mantap serta harga produksi yang cukup murah.
  • Balanced Armature driver [BA] : jenis ini biasanya digunakan oleh speaker kelas top (atas). Selain komponen yang lebih kompleks dibandingkan dynamic driver dan tentunya ongkos produksinya pun lebih mahal. Speaker ini menghasilkan suara yang cukup akurat tetapi bassnya kurang mantap, maka untuk mengatasinya biasanya digunakan lebih dari 1 driver (speaker) dalam 1 bagian earphone.

Sebelum Membeli Earphone

  • Persiapkan gadget, persiapkan gadget yang digunakan untuk mengetest earphone nanti, usahakan baterai gadget anda dalam keadaan penuh. Usahakan gunakan jenis file audio yang uncompressed semisal FLAC (free losless audio codec) dan bitrate diatas 192kbps.  
  • Browsing terlebih dahulu jenis earphone yang hendak akan anda beli usahakan lebih dari 3 jenis, sehingga anda tidak terlalu bingung ketika sudah didepan toko mau beli tipe apa, dan yang paling penting tidak terlalu termakan rayuan maut sales untuk memilih produk tertentu.
  • Persiapkan budget a.k.a duit,  sesuai teorema kualitas barang berbanding dengan lurus dengan harga. Dengan memperhatikan poin 2 anda juga bisa tahu kisaran harga sehingga kalau hendak menawar punya patokan. Bila perlu ajak teman selain untuk mengurangi bosan bisa juga sebagai tempat peminjaman duit jika prakira harga meleset.
  • Persiapkan telinga, jangan lupa bersihkan telinga anda terlebih dahulu selain demi kebaikan pengecheckan kualias juga menghindari anda dari rasa malu.
  • Jangan termakan dengan buaian barang KW, komponen elektronika sesuai dengan poin 3, kecuali anda sangat beruntung sekali.
  • Cari target toko, toko yang baik menyediakan earphone yang anda kehendaki, sekaligus menghindari kekecawaan pasca pembelian.

Ketika Memilih 

  • Pasang earphone ke gadget anda secara hati-hati dan seksama,  takutnya anda malah ngerusak earphone yang hendak dicoba dan malah disuruh membeli.
  • Kalau software audio player anda mempunyai equalizer, silahkan turn-on terus posisikan semua knob di level 0 [settigan flat]
  • Tetap dengan settingan equalizer flat, test semua earphone yang hendak akan beli pastikan sesuai dengan budget anda selain pencegahan terhapad poin 1, takutnya anda malah kepikiran pengen beli earphone yang harganya selangit kan bahaya.
  • Pemilihan earphone secara umum didasarkan beberapa faktor utama diantaranya:
    • bass = solid & deep, bulat tp tidak terlalu gemuk sehingga mengotori area midrange, tidak sember.. makin mampu mereproduksi lowbass dgn akurat makin sip..
    • midrange = suara jernih, vokal yg mantab & tidak ada pewarnaan suara, snare drum yg menghentak, petikan gitar yg detil aplg lengkap dgn suara gesekan tangan si pemain dgn senar, makin natural suara2nya makin juaralah dia.
    • treble = jernih, detil, tidak menyakitkan telinga.. mampu menyuguhkan nada2 tertinggi cymbal & hi-hat dgn baik dan natural tnp ada kesan 'cring..' terlalu berlebihan yg akan menyebabkan telinga cepat lelah [ear fatigue]..
    • staging & imaging = ketika anda lakukan critical listening, coba pejamkan mata anda sejenak, bayangkan alat2 musik yg sedang dimainkan, makin mudah anda meng-imajinasikan posisi alat2 musik berdasarkan 'arah suara' yg dihasilkan oleh earphone, makin baguslah dia..
  • di earphone mahal terkadang anda menemukan detil2 musik yg tidak anda dengarkan di earphone / sistem anda sebelumnya.. 
  • pilih 2-3 unit yg menurut anda bersuara terbaik, nah barulah anda lakukan critical listening ulang dgn sedikit utak-atik knob equalizer.. makin minim pergeseran knob equalizer utk mendapatkan suara yg indah, itulah pemenangnya [equalizer adlh pengoreksi suara, makin banyak anda menggeser knobnya dari titik 0 = makin banyak koreksi yg anda lakukan terhadap suara earphone]..
  • selain faktor suara, pilihlah earphone yg nyaman dipakai..
  • khusus untuk IEM [In-Ear Monitor] pilihlah yg paling kedap suara, makin kedap = makin tinggi prosentase musik VS noise diluar yg anda dengar,sehingga anda gak perlu menyetel volume tinggi2 untuk dpt mendengar detil musik dgn utuh, so makin aman bagi telinga..
PERLU DIINGAT, DEMI KESELAMATAN ANDA.. MEMAKAI IEM YG LUMAYAN KEDAP SUARA SANGAT TIDAK DISARANKAN BILAMANA SEDANG MENGEMUDIKAN KENDARAAN..


Ketika Sudah Dibeli

Umumnya ketika earphone baru dipakai, dia tidak akan bersuara se-indah demo unit di toko, ini dikarenakan adanya burn-in factor.. driver/speaker di earphone anda adalah sebuah membran yg menganut sistim suspensi, dia bergerak untuk menghasilkan suara dan akan stop ketika tidak ada sinyal listrik diterima, nah ketika baru keluar dari factory, umumnya mereka kudu di burn-in utk mencapai kondisi optimalnya..
Definisi burn-in sendiri adalah waktu 'penyesuaian' yg terjadi antara sistem suspensi, membran dan coil vs sistem magnet di driver/speaker earphone.. ini biasanya berlangsung selama 20-50jam pertama pemakaian normal..
analoginya adalah sebuah sistem suspensi kendaraan, disadari atau tidak suspensi motor/mobil anda akan terasa sedikit keras ketika pertama kali anda bawa keluar dari dealer.. dan akan lembut seperti kondisi optimalnya setelah pemakaian beberapa KM...
  • lakukanlah burn-in selama 20-50jam pada earphone anda, dgn cara ditancapkan di gadget anda dengan diputarkan lagu berirama kuat utk mengoptimalkan suspensinya.. namun apabila anda penyuka musik akustik, bisa menggunakan lagu2 akustik juga..
  • bisa dilakukan sambil anda mendengarkan, atau anda letakkan saja earphonenya dgn posisi musik tetap di play..
  • setelah 20-50jam, voila..!! earphone anda siap tempur dengan kemampuan optimalnya..

Perawatan Sehari-hari

  • Jangan lupa, ketika tidak dipakai, sebaiknya letakkanlah earphone di tempat yg kering, tidak lembab, jauh dari sengatan matahari & tidak terlalu dekat dengan medan magnet kuat [motor dinamo/kipas, magnet solid]..
  • Kelembaban tinggi akan mengakibatkan sistem magnet berkorosi, panas sengatan matahari akan mempengaruhi kinerja membran suara dan suspensinya, serta medan magnet kuat akan mempengaruhi sistem magnet earphone anda..

Sumber :

https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016208080/tips-n-trik-memilih--membeli-earphone-yg-baik/
http://www.goodcans.com/HeadphoneReviews/Reviewss/InEars101.html
https://aftersoundblog.wordpress.com/2017/08/16/dynamic-vs-balanced-armature-indonesian-vers/

Posting Komentar untuk "Tips dan Trick dalam Memilih Earphone"