Kata Benda dalam Bahasa Jerman

Grammar merupakan sesuatu yang sedikit menantang dalam berbicara sebuah bahasa. Terlebih dalam bahasa Jerman, bahkan istilah grammar nazi kerap dijadikan bahan lelucon karena ketatnya aturan grammar dalam bahasa Jerman. Tetapi sebetulnya anda terlalu khawatir dengan hal ini, asalkan anda menguasai dasarnya anda tidak perlu susah payah. Setelah anda menguasai jenis ini anda biasakan dengan berlatih bahasa Jerman. Ikuti arus pembicaraan artikel dalam bahasa Jerman, semoga beruntung. Dalam bahasa Jerman sendiri, ketika membuat kalimat yang sederhana, kalian membutuhkan beberapa elemen penyusunnya. elemen tersebut: nouns(kata benda), adjective (kata sifat), verb (kata kerja), adverb (kata keterangan) elemen ini merupakan elemen yang paling penting dalam menyusun suatu kalimat.

Nouns (Kata Benda)

Setiap kata benda dalam bahasa Jerman memilki jenis kelamin (genders). Kata benda ini bisa berupa maskulin, feminim, atau netral. Hampir keseluruhan kata benda ini bisa berbentuk tunggal (singular), maupun jamak (plural). Biasanya dalam bahasa Inggris sebuah kata benda didahului oleh kata "a" atau "the" atau kata article lainnya (anda bisa membaca apa itu article di Definite dan Indifinite Article). Nah bayangkan saja kata "the" ini diganti dengan versi bahasa Jermannya. Oh iya kata benda dalam bahasa Jerman diawali dengan huruf Kapital (silahkan baca cognates). 

  • Kata benda maskulin, kata benda maskulin menggunakan der. Contohnya der Garten (taman / the garden).
  • Kata benda feminim, kata benda feminim menggunakan die. Contohnya die Tür  (pintu / the door).
  • Kata benda netral, kata benda netral menggunakan das. Contohnya das Haus (rumah / the house).
Untuk indifinite article ("a", "an", or "some") dalam bahasa Jerman sebagai berikut:
  • Kata benda maskulin, indifinite article untuk kata benda maskulin menggunakan ein. Contohnya ein Name (sebuah nama/ a name).
  • Kata benda feminim, indifinite article untuk kata benda feminim menggunakan eine. Contohnya eine Firma (sebuah perusahaan/ a company).
  • Kata benda netral, indifinite article untuk kata benda netral juga menggunakan kata ein. Contohnya  ein Büro  (sebuah kantor / a office).
Keterangan diatas hanya untuk kata yang bersifat singular atau tunggal. Sedangkan untuk kata benda yang plural (jamak). Maka article yang digunakan adalah die. Contohnya adalah kata die Mannschaft yang berarti (tim / the team).  Ada 2 hal penting terkait ciri dari kata benda dalam bahasa Jerman :
  • Selalu diawali dengan huruf kapital.
  • Tersusun dari komponen yang kompleks.
Terkait kapital sudah jelas sepertinya. Tetapi terkait tersusun dari hal yang kompleks sepertinya perlu dijelaskan. Contoh kata Postleitzahl, terdiri dari Post (kantor pos), leit (petunjuk),  Zahl (angka). Jadi Postleizahl memiliki arti "petunjuk nomor surat" atau biasa kita kenal dengan kode pos. Jadi kita bisa menentukan arti dari sebuah kata apabila terdiri dari berbagai komponen penyusun seperti contoh Postleizahl.

Terimakasih

Sumber :

  • https://www.dfb.de/en/en-start/
  • German Phrases for Dummies

Posting Komentar untuk "Kata Benda dalam Bahasa Jerman"