Konsep Enkapsulasi pada OOP di bahasa pemrograman Java

Sekilas tentang enkapsulasi :

Enkapsulasi adalah salah satu konsep fundamental dari OOP / PBO. 

 


    Enkapsulasi sendiri bisa diartikan sebagai mekanisme membungkus data (variabel-variabel) dan metode-metode menjadi suatu kesatuan dalam satu unit. Pada enkapsulasi ini data yang ada pada class disembunyikan berdasarkan akses level suatu variabel (baca modifier pada Java). variabel yang pada akses tertentu hanya bisa diubah melalui method yang hanya tersedia pada class tersebut. Konsep enkapsulasi dikenal juga sebagai data hiding. (sumber : tutorialspoint).

    Enkapsulasi juga bisa digambarkan sebagai upaya perlindungan data-data internal pada class tersebut. Adapun syarat agar proses enkapsulasi bisa terlaksana pada suatu class Java adalah sebagai berikut :

  • Variabel yang hendak dilindungi memiliki akses modifier private,
  • Terdapat fungsi public setter dan getter untuk melakukan modifikasi terhadap variabel private,

 

Contoh program :


Hasil :

Pada contoh program, terdapat 2 class :

  • Class Mahasiswa sebagai gambaran class yang dienkapsulasi, pada class tersebut terdapat 3 variabel dengan akses modifier berupa private, kemudian dari tiap-tiap variabel dibuatkan method setter dan getternya.
  • Class Tester digunakan untuk menjalankan class Mahasiswa. dibuat object bernama deni yang merupakan type Mahasiswa. kemudian melakukan get dan set untuk tiap variabelnya.

Referensi :

Posting Komentar untuk "Konsep Enkapsulasi pada OOP di bahasa pemrograman Java"