Menyelesaikan studi kasus pemrogman linear minimasi menggunakan library PuLP Python

   Library PuLP merupakan salah satu library yang bisa digunakan  dalam membantu mencari nilai ekstrem (maksimum dan minimum) pada persoalan pemrograman linear. Library ini bisa running di Python 2.7 ataupun 3. Untuk melihat lebih detail dokumentasi dari library ini bisa kunjungi link berikut https://pypi.org/project/PuLP/. Pada kesempatan kali ini akan mencoba menyelesaikan masalah minimasi pemrograman linear menggunakan library PuLP.

Soal

Sebuah   toko “TO  MING  SE”   menyediakan   dua   merk   pupuk,   yaitu Standard dan Super. Setiap jenis mengandung campuran bahan nitrogen dan fosfat dalam jumlah tertentu.

Jenis Nitrogen Fosfat Harga Pupuk Jumlah Pupuk
Standard 2 4 $3 x
Super 4 3 $6 y
Minimal 16 24 --- ---

Seorang  petani  membutuhkan  paling  sedikit  16  kg  nitrogen  dan  24  kg fosfat untuk lahan pertaniannya. Harga pupuk Standar dan Super masing-masing  $3  dan  $6.  Petani  tersebut  ingin  mengetahui  berapa  sak  masing-masing   jenis   pupuk   harus   dibeli   agar   total   harga   pupuk   mencapai minimum dan kebutuhan pupuk untuk lahannya terpenuhi.

Program 


Hasil

Untuk penjelasan sudah ditulis dalam source code. Silahkan tuliskan pertanyaan jika ada. Jika membutuhkan contoh soal maksimasi dengan library mungkin anda bisa membaca artikel ini Menyelesaikan Masalah Pemrograman Linear Menggunakan Library PuLP di Python.

Posting Komentar untuk "Menyelesaikan studi kasus pemrogman linear minimasi menggunakan library PuLP Python"