Alat - Alat pada Tempat Potong Rambut yang mungkin Sebaiknya Kamu Tahu

 

 Bagi para laki-laki umumnya ketika mereka potong rambut entah itu ditempat potong rambut biasa atau pun ditempat yang lebih mewah umumnya tidak terlalu memperhatikan alat-alat yang digunakan. Penulis sendiri yang biasa tinggal di daerah dan baru beberapa saat ke kota besar, merasakan banyak perbedaan mulai dari fasilitas antre dan sampai yang paling krusial adalah soal harga. Sesuai pepatah "ada harga ada rupa". Penulis akhirnya mencoba potong rambut di tempat yang agak wah. Ketika pertama kali melihat, waduh kok alatnya banyak ya. Akhirnya penulis penasaran nama alat-alat itu dan fungsinya apa saja. Berikut penulis coba tuliskan umumnya yang penulis ketahui (tentunya dari berbagai sumber) :

1. Gunting

Gunting (sumber)
 
Gunting merupakan alat dasar dan cukup wajib pada tempat potong rambut. Kegunaan gunting sendiri bisa sebagai memendekkan, menipiskan, dan sebagainya. Gunting juga terdiri berbagai jenis seperti gunting potong rambut standar dan gunting sasak. Umumnya gunting pada potong rambut terbuat dari stainless steel.

2. Clipper

Clipper (sumber)

Clipper biasanya digunakan diawal proses potong rambut. Tujuannya untuk membuat rambut kita lebih pendek. Biasanya digunakan tambahan "sepatu" untuk menentukan seberapa pendek rambut yang akan terpotong. Seringkali kita melihat tukang potong mengganti ukuran "sepatu" clipper ini.

3. Razor / Silet

razor (sumber)

Razor biasanya digunakan untuk merapihkan ujung batas rambut atau memotong rambut. Untuk menggunakan alat ini biasanya rambut dalam kondisi basah. Perlu diperhatikan juga ketajaman dari mata pisau yang hendak dipakai pastikan tajam. Kondisi mata pisau yang kurang tajam bisa menyebabkan hasil potongan tidak rapih.

4. Kep / Jubah

kep (sumber)

Atribut yang tidak kalah krusialnya adalah jubah / kep potong rambut. Sungguh menyebalkan sekali seandainya potongan rambut jatuh ke baju kita secara langsung. Jubah ini juga membantu tukang potong rambut sehingga lebih cepat dalam membersihkan sisa rambut bekas potong di pelanggan.

5. Water Spray

water spray (sumber)

Water spray digunakan untuk membasahi rambut dengan bantuan sisir bisa merapihkan rambut lebih cepat. Adapun beberapa kondisi yang mengharuskan rambut harus basah maka digunakan water spray / semprotan ini. Water spray digunakan karena lebih efektif dalam membasahi rambut.

6. Sisir

sisir (sumber)

Sisir digunakan untuk merapihkan dan atau membuat pola rambut. Sisir juga bisa digunakan sebagai batasan pemotong rambut ketika menggunakan clipper atau gunting. Banyak jenis sisir berdasarkan kerapatan dan ukuran mata sisir.

7. Trimmer

Trimmer (sumber)

Sebenarnya penulis agak ragu terkait perbedaan alat ini dengan clipper. Clipper terdapat kabel untuk digunakan. Sedangkan trimmer menggunakan daya baterai. Trimmer juga merupakan salah satu alat baru dalam dunia potong rambut.

8. Sikat Rambut

sikat rambut (sumber)

Sikat rambut digunakan membersihkan rambut baik di kepala, kep/jubah, ataupun di beberapa bagian yang lain. Penggunaan sikat rambut lebih efektif dibandingkan kita harus kibas-kibas secara manual. umumnya sikat rambut berukuran besar.

9. Klip Rambut

klip jepit rambut (sumber)

Klip rambut digunakan untuk merapihkan bagian rambut sehingga tidak menganggu bagian yang lain ketika proses potong rambut. Semisal bagian poni terhadap bagian penipisan pinggir rambut. Penulis sendiri baru sekali mengalami penggunaan alat ini.
 
 
 Mungkin itu dulu yang saya ketahui. Kalau ada kesalahan dan saran dalam artikel ini silahkan hubungi atau penulis atau tulis saja di kolom komentar. Semoga tulisan ini bermanfaat terimakasih atas perhatiannya. 

sumber :

1 komentar untuk "Alat - Alat pada Tempat Potong Rambut yang mungkin Sebaiknya Kamu Tahu"

  1. wah ternyata inspirasi buat bikin artikel bisa datang dari mana aja yaa mas, dari mulai yang santai sampe yang serius pasti selalu ada.

    BalasHapus

Berilah komentar, saran, dan kritik dengan bijak