Fakta Tentang Mouse Komputer

            Semua orang yang membaca postingan ini, mungkin tau apa itu mouse (ya iyalah). Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang fakta tentang mouse itu sendiri. Disini saya mengambil beberapa sumber :

  • Mouse diciptakan oleh Douglas Engelbart pertama kali tahun 1963.  Douglas Engelbart tidak pernah menikmati keuntungan dari hak paten mouse yang ia ciptakan. Ini dikarenakan masa paten mouse yang keburu kadaluarsa sebelum akhirnya benda ini mulai banyak digunakan di hampir setiap komputer.  (kasihan sekali dia).Mouse pertama diciptakan dengan bahan kayu, papan sirkuit, dan dua buah roda logam yang tidak bersentuhan langsung dengan papan yang ada.




Gambar : Mouse pertama kali, dan Douglas Engelbart.(sumber: http://www.trustedreviews.com/news/inventor-of-the-computer-mouse-douglas-engelbart-dies) 
  • Nama awalnya bukanlah ‘mouse’ melainkan ‘X-Y Position Indicator’. Nama ini muncul karena pada saat itu alat ini digunakan untuk mencari letak posisi X dan Y pada sebuah komputer.  Nama mouse dipilih karena piranti ini bentuknya menyerupai seekor tikus dengan kabelnya yang diumpamakan seperti ekor.
  • Pada tahun 1984, seorang kolumnis komputer bernama John mengkritik bahwa “Tidak ada bukti bahwa orang-orang ingin menggunakan benda ini (“The Macintosh uses an experimental pointing device called a ‘mouse’. There is no evidence that people want to use these things."). yang kemudian dia revisi ulang pada tahun 1987 pernyataannya bahwa mouse adalah hal yang penting ("The Mac mouse is great. I've been converted”).
  • Beberapa merk yang tergolong dalam 5 besar, dalam persaingan mouse:

-          Microsoft.
-          HP.
-          Logitech.
-          Corsair.
-          Hippus.

  • Mouse USB atau optical mouse mampu memancarkan gelombang elektromagnetik yang radiasinya bahkan lima kali lebih besar ketimbang radiasi handphone. Namun demikian, beberapa mouse berkualitas tinggi telah dilengkapi dengan shield alias pelindung yang mampu melindungi pergelangan tangan dari efek radiasi.
  •   Mouse Rage Syndrome (MRS) adalah istilah yang diciptakan ketika seorang melampiaskan kekesalahnya akibat koneksi internet yang lambat atau banyaknya iklan pop-up di sebuah situs dengan cara membanting bahkan melempar mouse. Padahal apa yang mereka lakukan sebenarnya tidak menyelesaikan masalah.


Posting Komentar untuk "Fakta Tentang Mouse Komputer"